Text
Pengembangan buku fisika dilengkapi augmented reality pada materi momentum impuls dan getaran harmonis sederhana untuk SMA kelas X : skripsi yang ditulis untuk memenuhi persyaratan dalam mendapatkan gelar sarjana pendidikan
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku fisika dilengkapi dengan Augmented Reality pada Materi Momentum Impuls dan Getaran Harmonik Sederhana untuk SMA kelas X. Buku yang dihasilkan menampilkan multiple representasi yang diperkaya dengan _ video pembelajaran melalui media Augmented Reality yang terpasang pada smartphone. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian pengembangan Dick & Carey. Tahapan dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1) Identifikasi tujuan pembelajaran; 2) Analisis pembelajaran; 3) Identifikasi karakteristik siswa; 4) Perumusan tujuan pembelajaran khusus; 5) mengembangkan butir tes; 6) mengembangkan strategi pembelajaran; 7) mengembangkan bahan ajar; 8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif; 9) revisi pembelajaran. Pengambilan data uji kelayakan produk menggunakan instrumen penilaian menggunakan skala Likert dengan pilihan skor 1-5. Produk ini telah melalui tahap uji kelayakan materi dengan presentase 85%, tahap uji kelayakan media pembelajaran dengan presentase 81%, uji kKelayakan kebutuhan lapangan oleh guru SMA dengan presentase 89%. Hasil uji coba lapangan terbatas oleh 10 siswa kelas X di SMAN 04 Bekasi menunjukkan rata-rata presentase capaian sebesar 90%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku fisika dilengkapi Augmented Reality layak digunakan sebagai buku pelajaran dalam kegiatan pembelajaran Fisika pada materi momentum impuls dan getaran harmonik sederhana di SMA Kelas X.
Kata kunci: Buku Fisika; Augmented Reality; Momentum Impuls; GHS ABSTRACT
This research aims to produce a product in the form of a physics book with Augmented Reality to X class of senior high school in Momentum Impulse and Simple Harmonic Motion material. The resulting book is showing multiple representations are enriched video learning through the medium of Augmented Reality that is mounted on a smartphone. The method used is research and development (R & D) with Dick & Carey Model. This model consists of nine steps which is: 1) Identify Instructional Goals; 2) Conduct Instructional Analysis; 3) Identify Entry Behaviours; 4) Write Performance Objectives; 5) Develop criterian Reference Tests; 6) Develop Instructional Strategy; 7) Develop And Select Instructional Materials; 8) Develop and Conduct Formative Evaluation; 9) Revise instructional. The feasibility data of instructional media using assesment instrument with Likert Scale with optional score 1-5. This product has gone through the stages of feasibility test material with a percentage of 85%, the test phase of the feasibility study of the media with a percentage of 81%, test eligibility requirements field by senior high school teacher with a percentage of 89%. The results of the field trials is limited by 10 students of X class in SMAN 04 Bekasi shows the average percentage of the product amounting to 90%. From the results of this research it can be concluded that the book Physics with Augmented Reality worthy of being used as textbooks in Physics learning activities for momentum impulse and simple harmonic motion material in X Class senior high school.
Keywords: Physic Book; Augmented Reality; Momentum Impuls; Simple Harmonic Motion
SS00015454 | SK 15454 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain