Text
Pembelajaran bernyanyi untuk tuna netra di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Cahaya Bathin Jakarta
ABSTRAK
Bayu Segara Putra. 2017. Pembelajaran Bernyanyi Untuk Tuna Netra Di Panti
Sosial Bina Netra (PSBN) Cahaya Bathin, Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program
Studi Sendratasik, Jurusan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas
Negeri Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran
bernyanyi untuk tuna netra di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Cahaya Bathin
ditinjau berdasarkan tujuan, metode, materi, media dan evaluasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif
deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis melalui transkrip interview, reduksi data dan penyajian data.
Penelitian dilakukan selama 4 bulan yaitu dimulai pada bulan Februari hingga Mei
2017.
Hasil penelitian dari data yang dikumpulkan diketahui Pembelajaran
Bernyanyi untuk Tuna Netra di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Cahaya Bathin
menunjukkan bahwa untuk anak tuna netra musik adalah hal yang menyenangkan,
mengasah kemampuan bernyanyi dan menambah wawasan tentang berbagai jenis
lagu di tanah air. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode
ceramah, demonstrasi, imitasi, dan drill. Selain itu, pembelajaran bernyanyi di
PSBN Cahaya Bathin menggunakan model pembelajaran musik Suzuki. Dapat
dilihat dari prinsip-prinsip model pembelajaran musik Suzuki yang diterapkan
dalam pembelajaran bernyanyi di PSBN Cahaya Bathin. Materi yang digunakan
adalah materi khusus yang dibuat oleh pelatih yaitu berupa lagu daerah, lagu
wajib nasional, lagu anak, dan lagu pop Indonesia. Media yang digunakan adalah
microfon, sound system dan alat musik keyboard. Evaluasi yang digunakan adalah
evaluasi berdasarkan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Pembelajaran bernyanyi untuk tuna netra di Panti Sosial Bina Netra (PSBN)
Cahaya Bathin dapat dikatakan cukup efektif karena telah mencapai tujuannya.
Kata Kunci: Pembelajaran bernyanyi, tuna netra, pendidikan musik.
SS00014358 | SK 14358 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain