Text
Level of thinking represented in student-teacher lesson plan
ABSTRAK
Diah Ranitasari. Tingkat Berpikir yang Terepresentasikan Dalam Rancangan Proses Pembelajaran Calon Guru. Jakarta. Agustus 2017.
Studi ini bertujuan untuk meneliti tingkat berpikir yang terepresentasikan dalam rancangan proses pembelajaran calon guru. Calon guru tersebut adalah mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Inggris UNJ yang telah melaksanakan praktek keterampilan mengajar di SMKN 40 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis dokumen sebagai metode penelitian. Data yang digunakan adalah RPP khususnya pada Intended Learning Outcomes. Teori dari Anderson dan Krathwohl (2001) diadaptasi untuk menganalisis tingkat berpikir yang terepresentasikan dalam RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir dari mengingat hingga mencipta beserta dimensi pengetahuan dari pengtahuan faktual hingga metakognitif terdapat pada intended learning outcomes. Secara keseluruhan, intended learning outcomes pada RPP didominasi oleh tingkat berpikir rendah (mengingat, memahami, mengaplikasi) khususnya pada tingkat memahami pengetahuan konseptual sebesar 62%. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa rpp calon guru belum mendukung untuk keberhasilan pencapaian kurikulum 2013 untuk menciptakan “Generasi Emas Indonesia”
Kata Kunci: Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran, Tingkat Berpikir, Guru Pembelajar, Revisi Taksonomi Bloom.
SS00014363 | SK 14363 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain