Text
Pembelajaran piano anak autis di Vienna Music School Jakarta
ABSTRAK
Andre Alexander. 2017. Pembelajaran Piano Untuk Anak Autis Di Vienna Music School Jakarta. Skripsi, Prodi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang jelas mengenai proses pembelajaran piano untuk anak autis di Vienna Music School ditinjau bedasarkan tujuan, metode, materi, media dan evaluasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui pengumpulan data, transkrip interview, pengelompokkan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan selama 4 bulan yaitu dimulai pada bulan Maret hingga Juni 2017.
Hasil penelitian dari data yang dikumpulkan dari proses pembelajaran piano untuk anak autis di Vienna Music School menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan anak penderita autis dalam mempelajari piano berbeda-beda sesuai karakteristik anak penderita autis tersebut. Materi yang digunakan adalah materi yang sesuai dengan kurikulum piano umum dengan tahapan pembelajaran yaitu pertama-tama melatih teknik penjarian dengan memainkan tangga nada, selanjutnya memainkan etude dan lagu-lagu pendek. Metode yang digunakan pengajar adalah metode demonstrasi yaitu dengan mencontohkan terlebih dahulu teknik permainan piano kepada siswa. Kemudian dengan metode imitasi, siswa diminta untuk menirukan teknik permainan yang dicontohkan pengajar. Terakhir pengajar menggunakan metode drill dimana siswa memainkan kembali materi yang diajarkan secara berulang-ulang. Media yang digunakan adalah buku pelajaran, rekaman video, metronome, dan penjelasan kepada orangtua siswa tentang materi yang disampaikan. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran piano untuk anak autis di Vienna Music School adalah evaluasi berupa Ujian ABRSM yang diadakan sekali setiap tahun dan evaluasi rutin di setiap pertemuan dalam kelas. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran piano untuk anak autis di Vienna Music School adalah efektif karena telah mencapai tujuannya.
Kata Kunci: Pembelajaran piano, anak autis, perkembangan anak
SS00014365 | SK 14365 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain