Text
Pelaksanaan pembelajaran rekorder sopran pada kelas VII di SMP Budi Cendikia Islamic School Depok Jawa Barat
ABSTRAK
Briyan Roy. Pelaksanaan Pembelajaran Rekorder Sopran pada Kelas VII di
SMP Budi Cendikia Islamic School Depok Jawa Barat. Skripsi. Jakarta: Fakultas
Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Juni. 2017.
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi tentang langkahlangkah
kegiatan pelaksanaan pembelajaran rekorder sopran di SMP Budi
Cendekia Islamic School
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi serta wawancara
kepada pakar dan narasumber. Tempat penelitian dilakukan di SMP Budi
Cendikia Islamic School Depok Jawa Barat, jalan Boulevard Grand Depok City,
Jawa Barat. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
triangulasi, dimana peneliti mengadakan pengecekan kembali data yang sudah
diperoleh dari lapangan dan data-data yang diperoleh dari data pustaka kepada
pakar.
Hasil penelitian yang didapat pada pengamatan yang dilakukan adalah:
kegiatan diawali dengan salam pembuka. Sebelum dimulai, guru selalu
melakukan pemanasan tangga nada C mayor terlebih dahulu. Materi pembelajaran
lagu Twinkle-twinkle Little Star dan Amelia. Media pembelajaran yang dipakai
pada saat latihan yaitu laptop, partitur, rekorder sopran. Kegiatan inti adalah
memulai bermain rekorder dengan notasi angka secara berkelompok. Kegiatan
akhir diakhiri dengan evaluasi dari guru secara berkelompok kemudian guru
menutup pembelajaran.
SS00014366 | SK 14366 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain