Text
The representation of governor's election candidates in the second campaign period of 2017 in The Jakarta Post
ABSTRAK
WITA ADI PUSPITASARI. 2017. Representasi Calon Pemilihan Gubernur dalam Periode Kampanye Kedua 2017 di Jakarta Post. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana para calon pemilihan gubernur direpresentasikan dalam koran daring Jakarta Post dengan menggunakan analisis transitifiti menurut paham M.A.K Halliday. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis konten. Sumber data penelitian ini adalah daring artikel koran Jakarta Post terkait dengan berita pemilihan gubernur khususnya di periode kampanye kedua yang diterbitkan dari 7 Maret sampai 15 April diambil enam artikel pilihan. Hasil menunjukan relational proses sebagai proses yang paling banyak ditemukan di dalam ke-enam artikel tersebut dengan kandidat pertama direpresentasikan sebagai kandidat yang memiliki beberapa kasus sosial dan juga mengandalkan media sosial sebagai alat untuk menarik pemilih di dalam masa kampanye kedua. Sebagai tambahan, kandidat pertama juga direpresentasikan dengan menggunakan istilah seperti gubernur berlidah tajam dan gubernur yang siap tempur. Sedangkan, kandidat kedua direpresentasikan sebagai kandidat yang mengandalkan profil sebagai muslim untuk menarik pemilih khususnya pemilih yang beragama Islam.
Kata kunci: representasi, analisis transitifiti, kandidat pemilihan gubernur, periode kampamye kedua, jakarta post.
SS00014608 | SK 14604 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain