Text
Hubungan antara kepribadian ekstraversi dengan hasil belajar kemampuan berbicara bahasa Prancis pada siswa kelas XI IBB SMAN 113
ABSTRAK
Ayunda Dini. 2017. Hubungan Antara Kepribadian Ekstraversi Dengan Hasil
Belajar Kemampuan Berbicara Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas XI IBB
SMAN 113 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa
Prancis. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan
antara kepribadian ekstraversi dengan hasil belajar kemampuan berbicara bahasa
Prancis pada siswa kelas XI IBB SMAN 113 Jakarta. Terdapat dua variabel dalam
penelitian ini yaitu kepribadian ekstraversi sebagai variabel X dan hasil belajar
kemampuan berbicara bahasa Prancis sebagai variabel Y.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode
korelasional dengan data yang diperoleh dari dua jenis instrumen yaitu kuesioner
kepribadian ekstraversi dan tes kemampuan berbicara bahasa Prancis. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh individu di SMAN 113, sementara sampel
yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling adalah siswa
kelas XII IBB yang berjumlah 31 orang di SMAN 113 Jakarta. Untuk
membuktikan hubungan antara variabel X dan Y, dilakukan teknik analisis data
yang didasarkan atas tujuan hipotesis penelitian dan dengan menggunakan rumus
Pearson Product Moment Correlation. Sebelum menguji hipotesis, dilakukan
terlebih dahulu uji validitas instrument dengan menggunakan rumus Pearson
Product Moment Correlation, uji reliabilitas instrumen dengan menggunakan
rumus Alpha Cronbach dan uji normalitas data dengan menggunakan uji
Kolmogorov-Smirnov.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara
kepribadian ekstraversi dengan hasil belajar kemampuan berbicara bahasa Prancis
pada siswa kelas XI IBB SMAN 113 Jakarta. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan
hasil penghitungan koefisien korelasi antara variabel X dan Y yang menggunakan
rumus Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan program IBM SPSS
21 for Windows. Dalam penghitungan tersebut, hasil koefisien yang diperoleh
adalah 0,035. Sedangkan menurut tabel, besar interpretasi nilai rtabel dengan n = 31
adalah 0,355. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai rhitung < rtabel, Maka
berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan.
Dengan demikian, H0 yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara
kepribadian ekstraversi dengan hasil belajar kemampuan berbicara bahasa Prancis
pada siswa kelas XI IBB SMAN 113 Jakarta diterima dan H1 yang menyatakan
sebaliknya ditolak.
Kata kunci: kepribadian ekstraversi, kemampuan berbicara
SS00014612 | SK 14612 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain