Text
Pengembangan media flashcard dalam bimbingan klasikal untuk pilihan sekolah lanjutan tingkat SMP di SMP Negeri 2 Tangerang
PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DALAM BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK PILIHAN SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT SMP
(2017) DESY KHAERUNNISA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan flashcard sebagai media yang layak digunakan dalam bimbingan klasikal mengenai pilihan sekolah lanjutan di SMP Negeri 2 Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE dengan tiga tahapan, yaitu: (1) analyze (analisis), (2) design (desain), (3) development (pengembangan). Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli dan angket uji coba pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik evaluasi formatif. Hasil validasi materi menunjukan kategori “layak” dengan persentase sebesar 73,33%. Lalu hasil validasi media menunjukan kategori “sangat layak” dengan persentase sebesar 85%. Selanjutnya, hasil uji coba pengguna yang dilakukan kepada 2 orang guru BK menunjukan kategori “sesuai” dengan persentase sebesar 69%. Kemudian hasil uji coba pengguna yang dilakukan kepada 6 orang peserta didik menunjukan kategori “sangat sesuai” dengan persentase sebesar 85%.
Kata kunci: flashcard, pilihan sekolah lanjutan, bimbingan klasikal.
SS00014934 | SK 14934 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain