Text
Upaya meningkatkan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setia Budi Jakarta Selatan
Upaya meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Children learning in science (CLIS) pada siswa kelas IV SDN Menteng atas 06 pagi Setiabudi Jakarta Selatan
Yuberli Talimbung
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan sikap ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran CLIS Pada Siswa Kelas IV di SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini diadakan di SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester II tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CLIS pada siklus I adalah 72,19%, dan siklus II 91,25%. Adapun skor persentase sikap ilmiah siswa pada siklus I adalah 64,29% dan siklus II 89,29%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran CLIS pada pembelajaran IPA. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa melalui model pembelajaran CLIS merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa di kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CLIS, Sikap Ilmiah
SS00014939 | SK 14939 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain