Text
Hubungan antara konsep diri dan pengetahuan tentang IPA dengan sikap siswa terhadap lingkungan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Setiabudi
The Purpose of this study was to determine the relationship between the self concept and science knowledge with the student’s attitude toward environment. The method used survey method with simple correlation analysis technique. This research was conducted in SD Negeri, Setiabudi region. The result showed that: (1) There is a positive correlation between the self concept to student’s attitude toward environment (2) There is a positive relationship between the science knowledge to student’s attitude toward environment. Based on the result of research, student’s attitude toward environment can be improved by improving self concept and improving student’s science knowledge, because the results of the verification proves that the self concept and science knowledge into the determinant significant.
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk menentukan hubungan antara
konsep diri dan pengetahuan tentang IPA. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode survey dengan teknik analisis korelasi sederhana. Penelitian
ini dilakukan di SD Negeri Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Hasil
penelitan menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan positf antara konsep
diri dan sikap siswa terhadap lingkungan; (2) terdapat hubungan yang positif
antara pengetahuan tentang IPA terhadap sikap siswa terhadap lingkungan;
(3) terdapat hubungan positif antara konsep diri dan pengetahuan tentang
IPA secara bersama-sama dengan sikap siswa terhadap lingkungan.
Berdasarkan hasil penelitian, sikap siswa terhadap lingkungan dapat
ditingkatkan dengan meningkatkan konsep diri dan pengetahuan tentang IPA
pada siswa, karena hasil verifikasi membuktikan bahwa konsep diri dan
pengetahuan tentang IPA menjadi faktor-faktor penentu yang signifikan.
TM00005044 | TM 5044 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain