Text
Pengembangan modul mendongeng bagi guru anak usia dini
PENGEMBANGAN MODUL MENDONGENG BAGI GURU ANAK USIA DINI (2017)
DEVI DESTRIANTI
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu modul cetak yang dapat dipelajari secara mandiri serta dapat digunakan oleh guru anak usia dini untuk meningkatkan kompetensi mendongeng terutama pada teknik mendongeng. Harapan dari modul ini adalah dapat meningkatkan kompetensi mendongeng guru serta dapat diaplikasikan dalam kegiatan mendongeng di kelas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Rowntree yang melalui tiga tahapan yaitu (1) Tahapan Perencanaan (2) Tahapan Penulisan (3) Tahapan Penulisan dan Penyuntingan. Produk dievaluasi dengan menggunakan evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif yaitu melalui ujicoba ahli materi dan ahli media. Hasil yang diperoleh dari ujicoba ahli materi adalah 3,3 sedangkan untuk hasil ujicoba ahli media adalah 3,07. Evaluasi juga dilakukan kepada calon pengguna modul melalui beberapa tahapan yaitu ujicoba one to one yang memperoleh hasil 3,13. Kemudian tahap ujicoba field test yang memperoleh hasil 79,18%. Berdasarkan hasil evaluasi dan uji coba yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Modul Ayo Mendongeng dapat dikatakan baik. Produk telah melalui tahap revisi dan penyesuaian beberapa kali selama proses pengembangan. Modul Ayo Mendongeng dapat digunakan oleh guru anak usia dini.
Kata Kunci: Modul, Belajar Mandiri, Ayo Mendongeng, Teknik Mendongeng, Guru Anak Usia Dini.
SS00014948 | SK 14948 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain