Text
Gambaran quality of work life pada guru yang bercerai
Gambaran Quality of Work Life pada Guru yang Bercerai dengan Metode Interpretative Phenomenological Analysis (IPA)
(2017)
Bella Andre Wijaya
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Quality of work life pada Guru Bercerai. Setiap perempuan tentunya menginginkan ikatan pernikahannya terus berlanjut seumur hidup. Fakta bahwa perceraian semakin tahun meningkat setiap tahunnya. Menjadi seorang guru yang bercerai adalah hal yang tidak mudah dilakukan dengan stigma negatif pada janda/single parent dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Masalah yang dialami perempuan bercerai bukan hanya masalah psikologis, tetapi terdapat masalah emosi, kebutuhan akan kasih sayang serta perhatian, relasi dengan orang lain dan pandangan negatif guru yang bercerai. Ditengah banyaknya masalah tersebut guru bercerai harus berkualitas untuk mendidik anak murid serta menjadi contoh bagi masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan memiliki quality of work life.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif IPA dengan subjek berjumlah tiga orang yang merupakan perempuan guru bercerai. Tujuan menggunakan metode kualitatif IPA adalah agar bisa mengeksplorasi pengalaman hidup subjek secara mendalam dan mendapatkan tema-tema baru. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menggambarkan bagaimana gambaran quality of work life tiap subjek dalam kondisi bercerai.
Kata kunci : Quality of Work Life, Guru Bercerai, Interpretative Phenomenological Analysis (IPA)
SS00014967 | SK 14967 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain