Text
Model bahan ajar Bahasa Inggris audio-visual berbasis metode reaksi fisik total total physical response untuk siswa kelas IV sekolah dasar : research and development di SD Islam Fitrah Al-Fikri Depok
MODEL BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS AUDIO-VISUAL BERBASIS METODE REAKSI FISIK TOTAL (TOTAL PHYSICAL RESPONSE) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ( Penelitian dan Pengembangan di SD Islam Fitrah Al Fikri Depok ) 2017
Utari Novita Dewi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar Audio-Visual Bahasa Inggris berbasis pendekatan Total Physical Response . Bahan Ajar yang dihasilkan difokuskan dengan tema Body and Face yang ditujukan untuk peserta didik kelas IV SD. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development ( R & D ) dengan menggunakan tahapan Atwi Suparman. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan kusioner. Penilaian yang didapatkan dari ahli materi sebesar 80,20 % dan 77%, ahli media 100%, ahli desain instruksional 85,41%, dengan rata-rata penilaian sebesar 85,65%, dan termasuk kategori sangat baik. Persentase Evaluasi satu-satu sebesar 87,5%, evaluasi kelompok kecil 85,41% dan pada uji lapangan 85,3%. Persentase ratarata dari evaluasi dengan siswa sebesar 86,1% dan termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan tes formatif pada tahap uji coba lapangan dan uji pelaksanaan lapangan diperoleh nilai rata-rata sebesar 84 hal ini menunjukan bahwa tujuan pembelajaran tercapai dengan hasil sangat baik.
Kata kunci : Bahan Ajar, Bahasa Inggris, Pendekatan Total Physical Response
SS00015070 | SK 15070 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain