Text
Meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPA melalui model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Jakarta Selatan
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Children Learning In Science (CLIS) PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 06 PAGI JAKARTA SELATAN (2017)
Felda Doliana Mambraku
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaranChildren Learning In Science (CLIS) terhadap kemampuan berpikir kritis IPA pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakn di SDN Menteng Atas 06 Pagi Jakarta Selatan pada bulan Januari 2017, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Taggart dengan empat tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, siswa, instrumen tes avaluasi berupa essy dan dokumen aktivitas pembelajaran. Berdasarkan data dan hasil kemampuan berpikir krtitis siswa dalam menyelesaikan tes evaluasi dan beberapa percobaan menunjukan bahwa hasil pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan sebesar 55,00% siklus II mencapai 88,89% dari jumlah siswa. Adapun aktivitas siswa siklus I adala 76,66% dan siklus II mencapai 90%. Maka dikatakn bahwa jumlah siswa yang mencapai target sebanyak 20 siswa mencapai target skor kemampuan berpikir kritis IPA ≥ 70. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaraan Children Learning In Science (CLIS) pada pembelajaran IPA tentang Energi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari tes tertulis berupa tes essy dan percobaan. Keaktivitas siswa dan kualitas siswa mengikuti pembelajaran di kelas SDN Menteng Atas 06 Pagi Jakarta Selatan, implikasi dari hasil penelitian adalah model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat dijadikan sebagai salah satu model belajar untuk mempermudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran IPA melalui materi Energi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, melalui Model Pembelajaran CLIS.
SS00015071 | SK 15071 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain