Text
Pengembangan bahan ajar vocabulary Bahasa Inggris berbasis metode total physical response untuk siswa kelas V SD
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS BERBASIS METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE UNTUK SISWA KELAS V SD (2017) Fadiyah
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar kosakata Bahasa Inggris berbasis metode Total Physical Response (TPR) untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dengan menggunkan model pengembangan hasil kombinasi dan modifikasi antara model pengembangan ADDIE dan model pengembangan Dick and Carey. Terdapat 6 tahapan dari hasil modifikasi tersebut yaitu analysis (analisa) , merumuskan tujuan pembelajaran ,design (desain), development (pengembangan), dan implementation-evaluation (implementasi-evaluasi). Responden yang terlibat dalam penelitian pengembangan ini diantaranya, satu dosen ahli bidang studi bahasa Inggris, satu dosen ahli media, satu dosen ahli desain instruksional, dan 37 orang siswa kelas V SDN Guntur 03 Pagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar kosakata Bahasa Inggris berbasis Metode Total Physical Response (TPR) untuk siswa kelas V SD memperoleh penilaian sangat baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil nilai rata-rata keseluruhan expert review sebesar 94% , rata-rata penilaian small group evaluation sebesar 92,6%, dan field test sebesar 94,7%. dan peningkatan hasil pre-test dan post-test dari rata-rata nilai 69 ke 89, artinya produk yang dihasilkan sangat baik.
Kata kunci : Bahan Ajar, Kosakata, Bahasa Inggris, TPR, Penelitian dan Pengembangan
SS00015123 | SK 15123 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain