Text
Hubungan antara persepsi lingkungan budaya dengan motivasi belajar Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) siswa kelas IV : survey di SDN Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LINGKUNGAN BUDAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SISWA KELAS IV
(2017) Dinar Apriliyanti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data empiris mengenai terdapat atau tidaknya hubungan antara persepsi lingkungan budaya dengan motivasi belajar SBK. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan sampel penelitian 101 responden yang berasal dari 2 sekolah yaitu SDN Duren Sawit 07 Pagi dan SDN Duren Sawit 08 Pagi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa angket sebanyak 20 pernyataan variabel Y dan 19 pernyataan variabel X yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan Uji-t pada taraf signifikansi α= 0,05. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment diperoleh nilai korelasi sebesar 0,721 yang menunjukkan Ha diterima artinya terdapat hubungan antara persepsi lingkungan budaya dengan motivasi belajar SBK. Uji t diperoleh nilai sebesar 10,36 dan nilai koefisien determinasi diperoleh 52%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan antara persepsi lingkungan budaya dengan motivasi belajar SBK siswa kelas IV di SDN Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Implikasi dari hasil penelitian ini secara teoretis memberikan suatu gambaran mengenai hubungan antara persepsi lingkungan budaya dengan motivasi belajar SBK.
Keywords : Motivasi belajar, persepsi lingkungan budaya
SS00015125 | SK 15125 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain