Text
Tingkat kemampuan memimpin konseling kelompok : survei pada mahasiswa S1 Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negerin Jakarta angkatan 2014 kelas B yang sudah mengikuti mata kuliah teori dan praktik konseling kelompok
“TINGKAT KEMAMPUAN MEMIMPIN DALAM KONSELING KELOMPOK”
(Survei Pada Mahasiswa S1 Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2014 Kelas B yang sudah Mengikuti Mata Kuliah Teori dan Praktik Konseling Kelompok)
Fitriana Sari
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data, informasi dan gambaran yang jelas mengenai keterampilan dasar pemimpin kelompok dalam konseling kelompok pada mahasiswa S1 BK angkatan 2014 kelas B yang sudah mengikuti mata kuliah Teori dan Praktik Konseling Kelompok. metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei yang bersifat deskriptif, dengan teknik pengumulan data berupa tes performa. Populasi penelitian adalah mahasiswa S1 BK angkatan 2014 kelas B. Peneliti menggunakan analisa deskriptif dengan rumus persentase dan nilai rata-rata (mean) untuk mengetahui seberapa mahasiswa yang memiliki tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa dari 41 responden berdasarkan nilai rata-rata (mean), bahwa 15% diantaranya memiliki tingkat kemampuan tinggi, 68% memiliki tingkat kemampuan sedang, dan 17% memiliki tingkat kemampuan rendah. Berdasarkan 13 sub indikator yang ada, keterampilan active listening merupakan keterampilan dengan persentase tertinggi sebesar 8,55% sedangkan keterampilan summarizing berada dalam persentase terendah yaitu sebesar 6,71%.
Kata kunci : keterampilan, keterampilan dasar pemimpin kelompok.
SS00015126 | SK 15126 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain