Text
Meningkatkan hasil belajar IPS melalui model point couterpoint di kelas V SDN Penggilingan 05 Pagi Cakung Jakarta Timur
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL POINT COUNTER POINT DI KELAS V SDN PENGGILINGAN 05 PAGI CAKUNG JAKARTA TIMUR 2017
ANGGIH PRASETIYO ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui Model Point Counter Point. Penelitian ini di laksanakan di SDN Penggilingan 05 Pagi Jakarta Timur dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 30 siswa pada semester II tahun pelajaran 2017. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggar, serta dilaksanakan dalam 2 Siklus dengan materi Pokok bahasan peristiwa menjelang proklamasi. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, catatan lapangan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tindakan pada setiap siklus menggunakan Model Point Counter Point menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS siklus I 66,67% sedangkan pada siklus II menjadi 86,67%. Berdasarkan temuan hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat di simpulkan bahwa Model Point Counter Point dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SDN Penggilingan 05 Pagi Cakung Jakarta Timur.
Kata Kunci: Hasil belajar IPS Sekolah Dasar kelas V, melalui Model Point Counter Point
SS00015127 | SK 15127 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain