Text
Perbedaan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada guru ditinjau dari faktor demografi
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan Organizational Citizenship Behavior (OCB) berdasarkan dimensi Extra-role Behavior (OCB) pada guru ditinjau dari faktor demografi (jenis kelamin, usia, status pernikahan, dan status kepegawaian). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 138 guru SD di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Penelitian menggunakan skala Organizational Citizenship Behavior (OCB) hasil adopsi interumen Extrarole Behavior (ERB) yang terdiri dari 18 item dengan reliabilitas α = 0,91. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t untuk sampel independen dan analisis varians satu jalur. Hasil perhitungan dimensi ERB murid berupa faktor demografi jenis kelamin p = 0,367 > α = 0,05; usia p = 0,092 > α = 0,05; status pernikahan p = 0,002 < α = 0,05; status kepegawaian p = 0,001 < α = 0,05. Dimensi ERB tim berupa faktor demografi jenis kelamin p = 0,994 > α = 0,05; usia p = 0,005 < α = 0,05; status pernikahan p = 0,035 < α = 0,05; status kepegawaian p = 0,012 < α = 0,05. Dimensi ERB organisasi berupa faktor demografi jenis kelamin p = 0,231 > α = 0,05; usia p = 0,096 > α = 0,05; status pernikahan p = 0,137 > α = 0,05; status kepegawaian p = 0,020 < α = 0,05. Kesimpulan yaitu terdapat perbedaan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan dimensi Extra-role Behavior (ERB) murid pada guru ditinjau dari faktor demografi (status pernikahan dan status kepegawaian), dimensi Extra-role Behavior (ERB) tim pada guru ditinjau dari faktor demografi (usia, status pernikahan dan status kepegawaian), dan dimensi Extra-role Behavior (ERB) organisasi pada guru ditinjau dari faktor demografi (status kepegawaian).
Kata Kunci : OCB, dimensi ERB murid, tim, organisasi, faktor demografi, jenis kelamin, usia, status pernikahan, status kepegawaian, guru
The objectives of the study were to determine the differences of Organizational Citizenship Behavior (OCB) based on the Extra-role Behavior (OCB) dimensions of the teachers in terms of demographic factors (gender, age, marital status, and employment status). This research uses quantitative method. The samples are 138 primary school teachers in districs Duren Sawit, East Jakarta. The sampling technique uses cluster sampling. The study used the Organizational Citizenship Behavior (OCB) scale of the adoption of the Extra-role Behavior (ERB) consisting of 18 items with the reliability αlpha = 0.91. The method used in this study are independent sample t-test and analysis of one-way variance. The result of dimension of ERB student by demographic factors are gender p = 0,367 > α = 0,05; Age p = 0,092 > α = 0,05; Marital status p = 0.002 < α = 0.05; Employment status p = 0.001 < α = 0.05. The result of dimension of ERB team by demographic factors are p = 0,994 > α = 0,05; Age p = 0.005 < α = 0.05; Marital status p = 0,035 α = 0,05; Age p = 0,096> α = 0,05; Marital status p = 0,137 > α = 0,05; Employment status p = 0.020
SS00015164 | SK 15164 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain