Text
Pengaruh peran ibu bekerja terhadap hasil belajar matematika anak kelas 1 SD : ekspost facto di Kelurahan Pancoran Mas Depok
ABSTRAK
Hanifah Agmar Muslima. Pengaruh Peran Ibu Bekerja Terhadap Hasil Belajar Anak Kelas 1 SD. (Expost Facto di kelurahan Pancoran Mas, Depok). Skripsi. Jakarta: PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. 2017
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh peran ibu bekerja terhadap hasil belajar matematika anak usia 6-7 tahun di Pancoran Mas, Depok. Penelitian ini dilaksanakan di 2 SD yaitu SDN 02 Pagi dan SDN 04 Pagi, kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Depok.
Metode yang digunakan adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SDN yang berada di kelurahan Pancoran Mas, Depok. Adapun sampel pada penelitian ini adalah 2 SD yaitu SDN 02 Pagi dan SDN 04 Pagi. Sampel diambil secara random sampling dengan teknik kocokan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan tes objektif matematika. Angket tertutup digunakan untuk mengumpulkan data tentang peran ibu bekerja, sedangkan tes objektif matematika digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar matematika anak kelas 1 SD. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Hasil pengujian thitung = 13,33 > ttabel = 6,97, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah peran ibu bekerja berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika anak kelas 1 SD di kelurahan Pancoran Mas, Depok.
SS00015169 | SK 15169 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain