Text
Pengaruh penggunaan model pembelajaran predict, observe, explain terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD di Kelurahan Srengseng Sawah Jakarta Selatan
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD DI KELURAHAN SRENGSENG SAWAH JAKARTA SELATAN (2017)
Isti Golda Angkasawati
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui data empiris tentang ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran predict, observe, explain (POE) terhadap hasil belajar IPA siswa SD kelas IV di Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, pokok bahasan mengenai gaya, semester II tahun ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SDN Srengseng Sawah 12 Pagi. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pemilihan sampel dengan memilih salah satu atau beberapa kelompok secara acak dengan cara pengundian. Sehingga terpilihlah SDN Srengseng Sawah dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan ukuran sampel sebanyak 58 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes yang diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran predict, observe, explain (POE) dapat memberi pengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA tentang gaya. Model pembelajaran predict, observe, explain (POE) merupakan salah satu alternative yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada program pembelajaran IPA.
Kata kunci: Hasil belajar IPA, Model pembelajaran POE, model pembelajaran ekspositori.
SS00015342 | SK 15342 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain