Text
Pengaruh metode field trip dengan menggunakan media poster terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Negeri 110 Jakarta
ABSTRAK
Cicih Erviani, Pengaruh Metode Field Trip dengan Menggunakan Media Poster terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 110 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode field trip dengan menggunakan media poster terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Negeri 110 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 110 Jakarta selama Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain rendomized control group pretest postest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai kelas X SMA Negeri 110 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau sample random sampling. Jumlah sampel 60 orang siswa, dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis teks puisi, dengan teknik analisis data Uji-t. Hasil perhitungan yang di dapat dari sampel di atas yaitu, uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh L0 0,110 < 0,161 dan L0 0,085 < 0,161 pada taraf signifikan 0,05. Maka kedua sampel berdistribusi normal. Selain itu, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlet diperoleh X02 < Xt2 atau 2hitung = (2,318) < 2tabel = (3,84), berarti 2hitung < 2tabel varians kedua kelompok data dinyatakan Homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,415 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi
SS00015385 | SK 15385 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain