Text
Pengaruh metode pembelajaran debat aktif terhadap hasil belajar sejarah : studi eksperimen di kelas XII SMK 26 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang ada, tidaknya Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar Sejarah di kelas XII SMK Negeri 26 Jakarta. Penelitian ini Kuantitatif dengan subjek penelitian Siswa SMK Negeri 26 Jakarta. Populasi dari SMK Negeri 26 Jakarta sebanyak 384 siswa. Penelitian ini menggunakan Sample Random Sampling sebanyak 60 siswa. 30 siswa dari kelas XII Teknik Gambar Bangunan (TGB) II sebagai kelas eksperimen serta kelas XII Teknik Elektronika (TEK) II sebagai kelas kontrol. Uji coba validitas instrument pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar sebanyak 50 butir soal pilihan ganda asosiasi, perhitungan validitas dengan rumus r Product Moment diperoleh 50 butir soal valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Pearson menghasilkan nilai rh 0,954 dengan demikian instrument valid dan reliable, kesimpulannya instrument data digunakan sebagai pengumpul data. Uji Normalitas menggunakan rumus Lilieffors, pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu (0,106) < (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu (0,144) < (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan dapat diperoleh karena χ2hitung < χ2tabel = (1,500) < (3,840) maka kedua varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menghasilkan thitung = 9,046 sedangkan ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95 % (α = 0,05). Hal ini menunjukan bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima atau dengan kata lain terdapat pengaruh metode debat aktif terhadap hasil belajar sejarah di SMK Negeri 26 Jakarta.
This research is a quantitative research with the subject of the research Students SMK Negeri 26 Jakarta. Population of SMK Negeri 26 Jakarta with the number of student as much as 384 students. This research was using Sample Random Sampling as much as 60 students. 30 students from class XII Building Drawing Techniques (TGB) II as Experiment class and also class XII Electrical Engineering (TEK) II as control class. Test instrument validity of this research was using learning test outcomes as much 50 points of MCQs, Validity counting was using r product moment formula and the result there is 50 oint valid question. Reability counting was using Pearson formula and generate value rh 0,954 therefore the instrument was valid dan reliable, The conclusion is the data instrument was use as data collector. Normality counting was using Lilieffors formula, in Experiment class has been obtained Lhitung < Ltabel which is (0,106) < (0,148) so the distribution of data was normal and in class control has been obtained Lhitung < Ltabel which is (0,144) < (0,148) so the distribution of data was normal. Homogeneity counting was using Bartlett and has been obtaind that Karena χ2hitung < χ2tabel = (1,500) < (3,840) than the two varians was homogeneity. This hypothesis testing was using t testing and has been obtained thitung 9,046 and ttabel = 2,00 on the level of trust 95 % (α = 0,05). This shows that thitung > ttabel. Then H0 rejected dan H1 be accepted or the other words there is influence of active debate methods to the results of learning history in SMK Negeri 26 Jakarta.
SS00015400 | SK 15400 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain