Text
Pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis pada kelas XI di SMA Negeri 91 Jakarta : studi penelitian etnografi kelas
ABSTRAK
BELLA HARDIANTY. 2017. Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa
Prancis Pada Kelas XI di SMA Negeri 91 Jakarta (Studi Penelitian Etnografi
Kelas). Skripsi. Program Studi Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni,
Universitas Negeri Jakarta.
Bahasa Prancis merupakan salah satu mata pelajaran bahasa asing
peminatan di SMA Negeri 91 Jakarta. Dalam proses pembelajaran bahasa Prancis
di institusi tersebut dibutuhkan fasilitator yakni guru yang dapat menerapkan
komponen-komponen pembelajaran seperti: Tujuan, Materi, Metode, Strategi,
Media, dan Evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembelajaran
dengan memfokuskan keterampilan membaca pada kelas XI MIA di SMA Negeri
91 Jakarta.
Metode penelitian ini adalah etnografi kelas, yang ditulis secara deskriptif
kualitatif. Teknik analisis data penelitian ini mengadaptasi teknik analisis data
menurut Margarida Cambra Giné yang terdiri dari tiga tahap yaitu analisis sekuen,
analisis kategorial, dan analisis teorik. Untuk mengidentifikasi komponen
pembelajaran, penelitian ini mengacu pada tema pembelajaran dengan
menyesuaikan dengan data Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pengajaran (RPP)
untuk kelas XI dan pengamatan di SMA Negeri 91 Jakarta.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran
keterampilan membaca bahasa Prancis sesuai dengan kurikulum 2013.
Materi/bahan ajar selama pembelajaran membaca, menggunakan buku
Pembelajaran Bahasa Prancis untuk kelas XI karya Dra. Hj. Delly Anne, M.M.
Metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis yang diterapkan oleh
guru juga sesuai dengan metode pendekatan ilmiah/saintifik seperti mengamati,
menanya, menalar, mencoba, menyimpulkan, dan mengomunikasikan. Media
pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis yang digunakan sesuai
dengan materi pembelajaran membaca bahasa Prancis seperti buku, papan tulis,
dan proyektor. Evaluasi pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis
melakukan penilaian dengan memberikan penugasan.
Berdasarkan temuan tersebut, dibuktikan bahwa komponen pembelajaran
sangat penting dan bermanfaat bagi guru dalam proses pembelajaran keterampilan
membaca bahasa Prancis kelas XI di SMA Negeri 91 Jakarta.
Kata kunci: Pembelajaran Keterampilan Membaca, Komponen Pembelajaran,
Bahasa Prancis.
SS00015374 | SK 15374 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain