Text
Pengaruh penggunaan permainan Satze erweitern terhadap hasil keterampilan menulis bahasa Jerman siswa SMA kelas XI subtema Meine familie
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan permainan Sätze erweitern terhadap hasil keterampilan menulis bahasa Jerman siswa SMA kelas XI subtema Meine Familie. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 75 Jakarta kelas XI pada semester gasal tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian, yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Pretest dan Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ialah siswa SMA kelas XI yang mendapatkan pelajaran bahasa Jerman. Sampel yang diteliti diambil secara acak sederhana (Simple Random Sampling) terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa menulis surat dalam bahasa Jerman seputar subtema Meine Familie yang diambil dari buku Kontakte Deutsch 2 yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa t-hitung Pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,807 dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) 58 adalah 1,671. Hasil penghitungan tersebut memperlihatkan bahwa t-hitung hasil Pretest lebih kecil dari t-tabel. Sedangkan t-hitung Posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 4, 520. Hasil penghitungan tersebut memperlihatkan bahwa t-hitung hasil Posttest lebih besar dari t-tabel. Hal tersebut menunjukkan ada perbedaan hasil Posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan permainan Sätze erweitern terhadap hasil keterampilan menulis bahasa Jerman siswa SMA kelas XI subtema Meine Familie.
SS00015815 | SK 15815 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain