Text
Pengaruh metode pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Bahasa Arab untuk siswa MTs. N 25 Jakarta Timur
ABSTRAK
DEWI SETYA RAHMAWATI,
Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab untuk Siswa MTs. N. Jakarta Timur Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, . Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs. N) Jakarta pada semester II Tahun Ajaran , yang di mulai dari bulan Maret hingga Mei dengan tujuan guna mengetahui pengaruh mengenai “Metode Problem Based Learning” dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs. N) Jakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs. N) Jakarta, dan sampelnya adalah siswa kelas VII sejumlah siswa terdiri dari siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara “Purposive Sampling”, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi =
Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang Homogen karena hitung < tabel , Uji Normalitas yang memiliki data berdistribusi normal dengan hasil Lhitung < Ltabel . Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari adalah sedangkan nilai t-tabel adalah untuk derajat kebebasan (dk= ). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga t-tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H) diterima.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang menggunakan metode “Problem Based Learning”. Siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa arab khususnya pada pelajaran pembelajaran bahasa arab, dan mereka lebih mudah menerimanya, karena “Problem Based Learning” mengajak siswa untuk lebih aktif, fokus dan imajinatif dalam belajar, serta dapat mengkaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar dan mempraktekannya dalam keseharian mereka. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya “Problem Based Learning” dalam pelajaran bahasa arab.
SS00015668 | SK 15668 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain