Text
Meningkatkan kemampuan bicara anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan bermain peran : penelitian tindakan kelas di PAUD Teratai Kayumanis Jakarta Timur
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Teratai, Kayumanis, Jakarta Timur) (2017)
Isty Aprilia Widyastuti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan bicara anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan bermain peran di PAUD Teratai, Kayumanis, Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 sampai juni 2017 dengan subjek penelitian sejumlah 6 anak pada kelompok A yang berusia 3-4 tahun. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persentase pra penelitian sebesar 58%. Setelah melakukan tindakan siklus I, persentasi menjadi 81%. Dengan begitu, persentase kenaikan antara pra penelitian dan siklus I sebesar 23%. Dengan membandingkan hasil pra penelitian dan siklus I dapat terjadinya peningkatan kemampuan bicara anak. Hasil tersebut menunjukkan kegiatan bermain peran di PAUD Teratai, Kayumanis, Jakarta Timur dapat berpengaruh dan meningkatkan kemampuan bicara.
Kata kunci: Kemampuan Bicara Anak, Bermain Peran, Anak, Usia 3-4 Tahun
SS00015942 | SK 15942 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain