Text
Peningkatan hasil belajar Bahasa Arab menggunakan metode make a match untuk siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta
BSTRAK
BIMBI NURMANSYAH: PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA. Skripsi. Jakarta: Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2017.
Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta pada bulan Maret- Mei 2017 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar Bahasa Arab dengan metode make a match.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. objek penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. Dan objek penelitian berjumlah 33 siswa.
Pengukuran hasil peningkatan hasil belajar bahasa Arab dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes dalam bentuk tulisan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Hasil belajar bahasa arab yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus pertama nilai rata-rata peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada siklus pertama adalah 62,00, pada siklus kedua nilai rata-rata hasil belajar bahasa Arab
meningkat menjadi 77,00. Maka peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta yaitu 15,00 poin.
Berdasarkan analisis data yang didapat bahwa peneliti mendapatkan peningkatan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jakarta dengan menggunakan metode make a match. Dengan demikian metode make a match ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga siswa menjadi senang dan lebih terampil dalam belajar bahasa Arab.
SS00015698 | SK 15698 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain