Text
Pengaruh beban pajak tunneling incentive , mekanisme bonus terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016
Transfer pricing adalah harga yang terkandung pada setiap produk atau jasa dari satu divisi yang di transfer ke divisi yang lain dalam perusahaan yang sama atau antar perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa. Namun seiring berkembangnya perusahaan semakin banyak perusahaan yang melakukan Transfer Pricing. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel Beban Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur tahun 2014-2016. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 63 unit analisi yang menjadi objek pengamatan. Alat analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban pajak berpengaruh negatif terhadap transfer pricing. Tunneling incentive dan mekanisme bonus tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Simpulan dari penelitian ini yaitu satu persen kenaikan beban pajak akan menurunkan hasil transfer pricing. Saran untuk peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan rentan waktu yang lebih lama, diharapkan dengan rentan waktu yang lebih lama akan memberikan hasil yang lebih baik.
Transfer Pricing is the price that contained on every single product or service that transferred from one division to another division of the company or inter related companies. But time by time, more companies are doing transfer pricing. The purpose of this research is to analyze the influence of tax expense, tunneling incentive and bonus plan on transfer pricing on manufactur companies. The populations of this research are manufactur companies in 2014-2016. The samples are selected using purposive sampling method, and obtained 63 unit of analysis as observations object. The analysis tool is linear regression multiple with SPSS 21. The result shows that tax expense has significant effect on transfer pricing. While tunneling incentive and bonus plan has no significant effect on transfer pricing. The conclusion of this research is one percent increase on tax expense will decrease the result of transfer pricing. Suggestions for the next research is the researcher should use a longer time vulnerable to get better result.
SS00015951 | SK 15951 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain