Text
Hubungan pemahaman konsep gerak dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas XI di SMAN 76 Jakarta
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemahaman konsep gerak dan kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 76 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman konsep gerak dan kepercayaan diri dalam bentuk angket, sedangkan instrumen yang digunakan untuk menilai hasil belajar adalah pedomen penilaian hasil belajar lompat jauh yang digunakan di sekolah tersebut. Populasi sebanyak 200 siswa kelas XI SMAN 76 Jakarta dan sampel sebanyak 60 siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji t dan uji f, yaitu dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel sebesar 2,011 pada taraf signifikan = 0,05, dan membandingkan nilai fhitung dengan ftabel sebesar 3,156 pada taraf signifikan = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan : Pertama, hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara pemahaman konsep gerak dengan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas XI di SMAN 76 Jakarta, dengan thitung = 9,338 dan ttabel = 2,011, persamaan garis linear Ý = 44,75 + 1,946 X1, koefisien korelasi (ry1) = 0,775. Kedua, hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas XI di SMAN 76 Jakarta, dengan thitung = 12,029 dan ttabel = 2,011, persamaan garis linear Ý = 2,196 + 0,782 X2, koefisien korelasi (ry2) = 0,845. Ketiga, hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara pemahaman konsep gerak dan kepercayaan diri secara bersama-sama dengan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas XI di SMAN 76 Jakarta, dengan fhitung = 88,02 dan ftabel = 3,156, persamaan garis linear ganda Ý = 8,21 + 0,991 X1 + 0,546 X2, koefisien korelasi ganda (ry12) = 0,862. Hal ini berarti sebesar 75,7 % hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas XI SMAN 76 Jakarta merupakan kontribusi dari pemahaman konsep gerak dan kepercayaan diri secara bersamasama.
The purpose of this study was to determine the relationship between understanding the concept of motion and self-confidence with the results of student learning class XI SMAN 76 Jakarta. The method used in this research using survey method. Data analysis used is correlation and regression analysis. The instrument used to measure the level of understanding of the concept of motion and confidence in the form of a questionnaire, while the instrument used to assess the learning outcomes is the assessment of the results of longdistance learning used in the school. The population of 200 students of class XI SMAN 76 Jakarta and sample of 60 students. Data analysis technique used to test the hypothesis is by t test and f test, that is by comparing the value of tcount with ttable of 2.011 at significant level = 0,05, and compare value of fcount with ftabel equal to 3,156 at significant level = 0,05. The result of data analysis shows: First, the result of hypothesis test shows that there is a positive correlation between the understanding of motion concept with the result of long jump learning in grade XI students at SMAN 76 Jakarta, with tcount = 9,338 and ttable = 2.011, linear line equation Ý = 44,75 + 1.946 X1, correlation coefficient (ry1) = 0.775. Second, the result of hypothesis test shows that there is a positive correlation between self-confidence with the result of long jump learning in grade XI students at SMAN 76 Jakarta, with tct = 12,029 and ttable = 2.011, linear line equation Ý = 2,196 + 0,782 X2, correlation coefficient (ry2 ) = 0.845. Third, the result of hypothesis test shows that there is a positive correlation between the understanding of motion concept and self-confidence together with the result of long jump learning in grade XI student at SMAN 76 Jakarta, with fcount = 88,02 and ftabel = 3,156, equation of double linear line Ý = 8,21 + 0,991 X1 + 0,546 X2, double correlation coefficient (ry12) = 0,862. This means that 75.7% of the results of long jump learning in students of class XI SMAN 76 Jakarta is a contribution of understanding the concept of motion and confidence together.
SS00015613 | SK 15613 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain