Text
Peningkatan hasil belajar gerakan kaki renang gaya bebas melalui variasi bermain terhadap siswa SMA Muhammadiyah 13 Tomang Jakarta Barat
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya variasi dalam
pembelajaran untuk anak SMA Muhammadiyah 13 Tomang Jakarta Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan drill kaki renang gaya
bebas melalui pendekatan bermain, yang meliputi : proses pembelajaran
guru dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
satu siklus. Dalam satu siklus dengan satu kali tatap muka dan tatap muka
dengan alokasi waktu 2 X 30 menit (60 menit). Objek dalam penelitian ini
adalah pembelajaran drill kaki gaya bebas melalui variasi bermain dan
subjek dalam penelitian ini, yaitu siswa SMA Muhammadiyah 13 Tomang
Jakarta Barat, yang berjumlah 22 siswa (12 siswa putra dan 10 siswa putri).
Metode yang diberikan untuk meningkatkan kaki gaya bebas bagi siswa SMA
Muhammadiyah 13 Tomang Jakarta Barat, yaitu: dengan permainan
sederhana dengan model bermain yang mengarah ke gerakan untuk
melakukan teknik-teknik kaki renang gaya bebas dalam berenang. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif
dengan naratif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara
peneliti bersama kolaborator merefleksi hasil observasi terhadap
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan proses pembelajaran
dari hasil pengamatan kolaborator, mulai dari membuka sampai menutup
pembelajaran gerak dasar renang dengan pendekatan variasi bermain.
Terbukti dengan peningkatan proses pembelajaran guru yang signifikan
selama adanya perlakuan dalam kegiatan proses pembelajaran dalam satu
siklus. Terlihat guru mampu memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran gerakan kaki gaya bebas. Guru mampu mengelola kelas
dengan baik, sehingga kegiatan pembelajaran dapat terkontrol dan guru
mampu menciptakan suasana kegiatan pembelajaran bagi siswa yang
menyenangkan, sehingga siswa antusias dalam mengikuti proses
pembelajaran gerakan kaki gaya bebas melalui variasi bermain. Selain itu
hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada peningkatan partisipasi siswa
di kegiatan pembelajaran drill kaki gaya bebas melalui variasi bermain dalam
satu siklus, dari hasil pengamatan oleh kolaborator. Terbukti dengan siswa
sudah baik dalam berpartisipasi secara aktif. Kata Kunci : Pembelajaran, Kaki Gaya Bebas, Variasi Bermain
SS00015606 | SK 15606 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain