Text
Pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 48 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 48 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh guru SMK Negeri 48 Jakarta yang berstatus pegawai negeri sipil yang berjumlah 37 oran, kemudian seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk non test yang berupa kuesioner yang masing-masing terdiri dari 38 pertanyaan untuk variabel X1 (Motivasi Kerja) dan 32 pertanyaan untuk variabel X2 (Lingkungan Kerja), sedangkan data untuk variabel Y (Kinerja Guru) langsung diperoleh dari tempat penelitian. Kedua instrument tersebut di ujicoba kan kepada 20 guru di SMK Negeri 50 Jakarta. Kedua instrument tersebut dihitung validitasnya. Dari perhitungan validitas instrument, untuk variabel X1 (Motivasi Kerja) 32 pernyataan dinyatakan valid dan 6 pernyataan dinyatakan tidak valid. Sedangkan untuk variabel X2 (Lingkungan Kerja) 26 dinyatakan valid dan 6 penyataan dinyatakan tidak valid (rbutir > rkriteria). Dari hasil ujicoba diperoleh reliabilitasnya untuk variabel X1 = 0,89 dan variabel X2 = 0,59. Dengan demikian instrument ini valid dan reliable untuk dipergunakan. Hasil teknik analisis data sebagai berikut : semua variabel dalam penelitian ini berdistribusi normal dan memenuhi asumsi linearitas. Persamaan regresi ganda yang diperoleh Y = 399,818 + 0,197 X1 + 0,281 X2. Uji koefisien regresi secara simultan diperoleh Fhitung(3,505) > Ftabel (3,275). Hal ini menunjukkan regresi signifikan dan berpengaruh secara simultan. Uji koefisien regresi secara parsial menggunakan table Coefficients. Pengujian variabel X1 diperoleh t hitung = 2,427 dan t tabel =2,042. Hal ini menunjukkan variabel X1 berpengaruh terhadap variabel Y. Pengujian variabel X2 diperoleh t hitung = 2,091 dan t tabel 2,042. Hal ini menunjukkan variabel X2 berpengaruh terhadap variabel Y. Kata Kunci : Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Kinerja Guru .
This study aims to determine how much influence of work motivation and work of environment on the performance of SMK Negeri 48 Jakarta teachers. This study uses a survey method with the corellational approach. In this research, the Population is the entire of teacher SMK Negeri 48 Jakarta with the status of civil servants who numbered 37 people, then the whole of population sample. The instrument used ini this study shaped in the form of non-test questionnaire, each consisting of 38 statements for the variable X1 (Work Motivation) and 32 claim for the variable X2 (Work Environment), while data for the variable Y (Performance of Teacher) obtained directly from research site. Before the instruments used have been tested to 20 teachers in SMK Negeri 50 Jakarta. Both instruments are calculated validity. From the calculation of the validity of instruments, for variable X1 (Work Motivation ) 32 statement declared valid and 6 statement declared invalid. Whereas for variable X2 (Work Environment) 26 declared valid and 6 statement declared invalid (rpara > rcriteria). From the test results obtained reliability for the variable and the variable X1 =0,89 and variable X2 =0,59. Thus, this instrument is valid and reliable for its intended use. Results of data analysis techniques as follow : all variables in this study have normal distribution and satisfy the assumption of linearity. Obtained multiple regression equation Y = 399,818 + 0,197 X1 + 0,281 X2. Test of regression coefficient simutaneously provided Fcount (3,505) > Ftable (3,275). This shows a significant and influential regression simultaneously. Test by partial regressions coefficients using Coefficients Table. Testing X1 Variables obtained tcount = 2,427 dan ttabel = 2,042. This indicates variable XI influence on variable Y. X2 test variables obtained tcount = 2,091 dan ttable = 2,042. This indicates variable X2 influence on variable Y.
Keywords : Work Motivation, Work Environment and Performance of Teachers
SS00015954 | SK 15954 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain