Text
Penerapan kegiatan outbound untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa-siswi kelas VIII-6 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Angkasa Jakarta
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Kecerdasan Emosional pada Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama Angkasa Jakarta dengan penerapan kegiatan outbound. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama. Angkasa Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 24 orang siswa laki-laki dan 12 siswa orang perempuan. Penelitian melibatkan kolabolator dan dilakukan sebanyak 1 siklus, siklus ini terdiri dari 3 kali pertemuan. Kondisi awal siswa-siswi yang diteliti siswa-siswi masih kurang memiliki kecerdasan emosional dalam kegiatan di sekolah. Hasil dari tes awal sebagai berikut : 1) Peneliti memberikan kegiatan outbound berupa permainan Ice Breaking, Hulla Hoop, dan Transfer Ball yang diasumsikan dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa-siswi sesuai dengan rencana penelitian dan dari hasil yang di dapat di lapangan adalah tidak ada siswa-siswi yang termasuk dalam kriteria baik, 3 siswa termasuk dalam kriteria cukup,dan 33 siswa-siswi termasuk dalam kriteria kurang. 2) Hasil yang di dapat di lapangan dalam kegiatan outbound dalam kriteri baik 0% atau nihil, dalam kriteria cukup sebesar 8,33%, dan dalam kriteria kurang sebesar 91,67%. Hasil dari siklus satu yang merupakan refleksi dari tes awal sebagai berikut : 1) Peneliti memberikan kegiatan outbound berupa permainan Foalding Karpet, , Transfer Water, Benang Kusut yang diasumsikan dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa-siswi sesuai dengan rencana penelitian dan dari hasil yang di dapat di lapangan adalah 34 siswa termasuk dalam kriteria baik, 2 siswa termasuk dalam kriteria cukup, dan tidak ada siswa-siswi termasuk dalam kriteria kurang. 2) Hasil yang di dapat di lapangan dalam kegiatan outbound dalam kriteria baik sebesar 94%, dalam kriteria cukup sebesar 5,55%, dan dalam kriteira kurang sebesar 0% atau nihil. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kecerdasan emosional siswa-siswi dari penerapan kegiatan outbound terhadap kecerdasan emosional siswa-siswi kelas VIII-6 Sekolah Menengah Pertama Angkasa Jakarta pada siklus I. Karena hasil siklus I didapat dari keseluruhan siswa-siswi kecerdasan emosional siswa-siswi kelas VIII-6 Sekolah Menengah Pertama Angkasa Jakarta berada pada kategori baik, yang berarti kecerdasan emosional mereka sudah baik dan dari hasil penelitian ini diharapkan kegiatan outbound harus rutin dilakukan, karena untuk mengubah kecerdasan emosional seseorang harus membiasakan diri melatih kecerdasan emosional di kehidupan sehari-hari baik disekolah, dirumah atau dimanapun siswa-siswi itu melakuan aktifitas.
SS00015603 | SK 15603 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain