Text
Meningkatkan kemampuan eksplorasi gerak dasar lari dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui model Cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) : penelitian tindakan kelas pada siswa kelas III SDN Kemanggisan 12 Pagi Jakarta Barat
Penelitian tidakan kelas ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang peningkatan kemampuan eksplorasi gerak dasar lari dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kemanggisan 12 Pagi Jakarta Barat dimulai pada bulan Oktober sampai Desember, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil persentase perolehan data pada siklus I kemampuan eksplorasi gerak dasar lari 58,67%. Siklus II menunjukan kenaikan yaitu 83,33%. Sedangkan data pemantau tindakan pembelajaran dengan model cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) pada siklus I persentase 60% dan pada siklus II mencapai 85%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan eksplorasi gerak dasar lari dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan model cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) dapat dijadikan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi gerak dasar lari di kelas III SDN Kemanggisan 12 Pagi Jakarta Barat.
This class action research to obtain data about the improvement of the ability of learning movement in learning physical education through cooperative learning model. Student Achievement Team (STAD). This research was conducted in third class of SDN Kemanggisan 12 Pagi West Jakarta starting from October to December, using class action research method consisting of 2 cycles with 4 main activities is planning, implementation, observation, and reflection. The results of this study show results. At 58%. Cycle II shows an increase of 83.33%. The data of learning action monitor with cooperative learning model of student achievement division team type (STAD) in cycle I percentage 60% and in cycle II reach 85%. From the results of the study, can use cooperative learning model type student achievement division team (STAD) can improve the ability of exploration of basic motion run in learning physical education. The basis is to learn physical education by using cooperative learning model type student achievement division team (STAD) can be used as a learning model to improve basic learning ability in class III SDN Kemanggisan 12 Pagi West Jakarta.
SS00015962 | SK 15962 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain