Text
Voluntarisme dalam komunitas : studi pada komunitas jendela Jakarta Pusat, Manggarai Jakarta Selatan
Penelitian ini mengkaji mengenai voluntarisme dalam pendidikan yang dilakukan oleh Komunitas Jendela Jakarta dengan memberikan kontribusi dalam pendidikan dengan tujuan menumbuhkan minat baca dikalangan anak-anak serta memberikan pendidikan non formal. Komunitas Jendela Jakarta digerakkan oleh volunteer dengan target utamanya adalah anak-anak yang kurang mampu melalui kemandirian belajar dengan mendirikan perpustakaan. Diharapkan dengan berdirinya komunitas ini dapat membentuk kesadaran pendidikan bagi anak-anak maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan memaparkan bagaimana voluntarisme terbentuk di dalam komunitas, aksi voluntarisme dalam bentuk aktivitas pengajaran di dalam komunitas sebagai upaya membentuk kesadaran pendidikan serta manfaat dari voluntarisme itu sendiri terhadap volunteer, peserta didik serta masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari seorang pengurus komunitas, empat volunteer Komunitas Jendela Jakarta, dua peserta didik yang mengikuti aktivitas pembelajaran di komunitas serta dua warga sekitar yang mengetahui keberadaan komunitas serta anaknya mengikuti aktivitas pembelajaran di Komunitas Jendela Jakarta. Lokasi penelitian dilakukan di Komunitas Jendela Jakarta, Manggarai, Jakarta Selatan pada bulan Februari - April 2017. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder serta dianalisis dengan analisa data kualitatif yang diperkaya dengan studi literatur yang ekstensif. Berdasarkan temuan data yang diperoleh dalam penelitian ini dapat ditemukan bahwa aksi voluntarisme yang dilakukan Komunitas Jendela Jakarta berawal dari media sosial yang memiliki peran efektif dalam menciptakan partisipasi nyata agar tujuan dari aksi voluntarisme dapat tercapai. Aksi voluntarisme Komunitas Jendela Jakarta didasarkan atas dua motivasi yang saling bersinergi yakni motivasi sosial dan motivasi personal dan berperan penting dalam terbentuknya pilihan rasional untuk mengikuti aksi voluntarisme komunitas. Terdapat beberapa manfaat bagi peserta didik hasil dari aksi voluntarisme yang dilakukan Komunitas Jendela Jakarta, diantaranya adalah meningkatnya literasi peserta didik, meningkatnya prestasi akademik peserta didik serta perubahan yang lebih positif dalam sikap peserta didik hasil internalisasi karakter selama aksi voluntarisme berlangsung.
This study examines the voluntarism in education conducted by the Komunitas Jendela Jakarta by contributing to education with the aim of fostering interest in reading among children as well as providing non-formal education. The Komunitas Jendela Jakarta driven by volunteers with the main target being the underprivileged children through learning independence with the establishment of libraries. It is hoped that with the establishment of this community can create awareness of education for children and society. This study aims to explain how voluntarism is formed in the community, voluntarism action in the form of teaching activities within the community as an effort to establish awareness of education and the benefits of voluntarism itself against volunteers, learners and the community. This research uses qualitative approach with case study method. Research data obtained through observation, documentation, and interview. The research subjects consisted of a community committee, four volunteers of the Komunitas Jendela Jakarta, two learners who attended the learning activities in the community as well as two local residents who knew the existence of the community and their children following the learning activities at the Komunitas Jendela Jakarta. The location of the research was conducted in Jendela Jakarta, Manggarai, South Jakarta in February - April 2017. In data collection, the authors used primary data and secondary data and analyzed by qualitative data analysis enriched with extensive literature study. Based on the findings of data obtained in this study can be found that the voluntarism action conducted by the Komunitas Jendela Jakarta originated from social media that has an effective role in creating real participation in order to achieve the purpose of voluntarism action. The voluntarism action of the Komunitas Jendela Jakarta is based on two mutually synergic motivations namely social motivation and personal motivation and play an important role in the formation of rational choice to follow community voluntarism. There are several benefits for students resulting from voluntarism actions conducted by the Community of Window Jakarta, such as increasing the literacy of learners, the increase of academic achievement of learners and more positive changes in the attitude of learners the results of character internalization during the voluntarism action took place.
SS00015969 | SK 15969 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain