Text
Pengaruh model Brain based learning terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bogor
ABSTRAK
AGATHA DEVI RETNO. Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap
Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas XI SMAN 8 Bogor. Jakarta: Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas
Negeri Jakarta. Agustus. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Brain Based Learning terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas XI
SMAN 8 Bogor. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian eksperimen. Desain
yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kelompok kontrol non-ekivalen
yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bentuk
eksperimen yang digunakan adalah model Brain Based Learning dengan melakukan
pretest sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol. Kemudian, kelas
eksperimen diberikan perlakuan dengan model Brain Based Learning, sedangkan
pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan, hanya mendapatkan materi dengan
metode konvensional dari guru Bahasa Indonesia. Penelitian ini hanya difokuskan
pada kemampuan menulis teks ulasan.
Hasil analisis diketahui setelah melakukan uji validitas dan reliabilitas saat
siswa telah diberikan perlakuan dengan model Brain Based Learning. Hasil uji-t
menunjukkan bahwa thitung= 3,772 dan ttabel = 1,85 dalam taraf signifikansi 0,05.
Dengan demikian, terdapat pengaruh model Brain Based Learning terhadap
kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas XI di SMAN 8 Bogor karena thitung
lebih besar dari ttabel. Berdasarkan hasil uji analisis terhadap sampel dari kedua kelas
menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal. Hal ini ditandai dengan
diperolehnya Lo = 0,114 < Lt = 0,73 pada kelas eksperimen dan Lo = 0,119 < Lt =
0,161 pada kelas kontrol dengan taraf signifikansi pada kedua kelas α = 0,05. Selain
itu, pada uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua data memiliki varian data yang
sama atau homogen. Hal ini ditandai dengan diperolehnya X2
hitung (3,772) <
X2
tabel(1,85) dengan derajat kebebasan 58. Penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai
pembelajaran pada materi teks eksplanasi kompleks dengan membangun konteks
pembelajaran sebelum siswa benar-benar mengikuti pembelajaran. Selain itu, guru
perlu menampilkan contoh-contoh objek pembahasan yang sesuai dengan kehidupan
siswa. Untuk menciptakan keingintahuan, dan kesenangan, guru perlu
menghubungkan siswa dengan materi sehingga mereka merasa dihubungkan dengan
pembelajaran.
Kata kunci: Model Brain Based Learning, teks ulasan.
SS00015754 | SK 15754 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain