Text
Pengaruh metode Student facilitator and explaining terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Keluarga Widuri
ABSTRAK Woro Linggar Pangesti, Pengaruh Metode Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Menulis Teks Hasil Observasi Siswa Kelas VII. Skripsi. Jakarta; Fakultas Bahasa dan Seni. Jurusan Bahasa dan Sasta Indonesia, Universitas Negeri Jakarta. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Menulis Teks Hasil Observasi siswa SMP kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Keluarga Widuri pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen desain control group pretest posttest design. Populasi penelitia ini adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai kelas VII SMP Keluarga Widuri Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random sampling. Jumlah sampel 60 orang siswa. Desain rincian kelas eksperimen berjumlah 30 orang siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 orang siswa. Jumlah siswa yang mencapai batas lulus (KKM) yaitu 70 sebanyak 70,0% , sedangkan siswa yang tidak mencapai batas lulus (KKM) sebanyak 30,0%. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas Liliefors, diperoleh Lo maksimal untuk kelas eksperimen sebesar 0,099 pada pretest dan 0, 139 pada posttest, sedangkan L tabel pada signifikasi α= 0,05 dengan dk = 30 adalah sebesar 0,161 L hitung < L tabel. Maka sampel berdistribusi normal. Untuk kelas kontrol diperoleh Lo maksimal sebesar 0,090 pada pretest dan 0,092 pada posttest. Hasil uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh F hitung sebesar 1,811 dan F tabel 2,423 memiliki data yang homogen. Hasil analiss data dengan uji-t diperoleh tthitung sebesar 4,778 , sedangkan ttabel sebesar 2,001 dengan taraf nyata 0,05 pada dk= 60 untuk uji dua pihak. Oelh karena itu tthitung menunjukan bahwa thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunakan metode Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan menulis teks hasil observasi siswa kelas VII SMP Keluarga Widuri Jakarta. Berdasarkan hasil di atas, metode Student Facilitator and Explaining dapat dijadikan metode alternatif yang baik untuk pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Dengan metode Student Facilitator and Explaing, sebaiknya guru mengadakan tes untuk mengetahui secara pasti gaya belajar yang dimiliki masing-masing siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru pada pembelajaran menulis teks hasl observasi. Kata kunci : Metode Student Facilitator and Explaining-menulis teks laporan hasil obserasi-teks laporan hasil observasi
SS00015751 | SK 15751 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain