Text
Pengaruh strategi REACT (Relating Experince Applying Cooperating Transfering) terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMA 22 Jakarta
ABSTRAK
Bekti Liana Putri Pengaruh Strategi REACT (Relating, Experience, Applying,
Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur
Kompleks Siswa Kelas XI SMA Negeri 22 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Jurusan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri
Jakarta, Juli 2017.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan
strategi pembelajaran REACT (Relating, Experience, Applying, Cooperating,
Transfering) terhadap kemampuan menulis teks prosedur komplekspada siswa
kelas XI SMA Negeri 22 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 22
Jakarta, semester genap 2016/2017, pada April sampai Mei 2017. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretestposttest
control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 60
siswa. Jumlah sampel antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sama besar yaitu
30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah dengan tes kemampuan menulis teks
prosedur kompleks dengan teknik analisis data mengunakan uji-t. Hasil dari
perhitungan yang diperoleh dari sampel adalah 62,5 untuk rata-rata kelas posttest
kelas kontrol dan nilai rata-rata sebesar 76,67 untuk kelas posttest eksperimen.
Terdapat 23 siswa kelas eksperimen yang dapat mencapai nilai KKM pada
posttest dan terdapat 7 siswa yang belum dapat mencapai nilai KKM. Pada Uji
persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas (Liliefors) diperoleh Lo
(0,094) < Lt (0,161) pada kelas kontrol dan Lo (0,131) < Lt (0,161) pada kelas
eksperimen dengan taraf signifikansi α = 0,05. Maka, data posttest kelas kontrol
dan eksperimen berdistribusi normal. Selain itu, dilakukan uji homogenitas
menggunakan uji Fisher diperoleh Fo (1,089) < Ft (2, 423) dengan taraf
signifikansi α = 0,05. Maka dari kedua sampel tersebut memiliki varian yang
homogen. Hasil uji-t menunjukkan thitung (7,431) sedangkan ttabel (2,000) dalam
taraf nyata 0,05 pada dk = 58 untuk uji dua pihak. Oleh karena hasil thitung
menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima. Dengan
hasil tersebut, terdapat pengaruh penggunaan strategi REACT terhadap
kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMA Negeri 22
Jakarta. Sebelum memulai pembelajaran menggunakan strategi REACT,
sebaiknya guru mengadakan tes (ujian tulis) untuk mengetahui secara pasti gaya
belajar yang dimiliki oleh siswa. Strategi REACT dapat diaplikasi ke dalam
pembelajaran teks lain yang memiliki struktur yang tidak jauh berbeda yaitu teks
laporan hasil observasi. Guru harus memperhatikan dan mempersiapkan secara
matang agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.
Kata Kunci: Strategi REACT (Relating, Experience, Applying, Cooperating,
Transfering), Teks Prosedur Kompleks
SS00015758 | SK 15758 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain