Text
Kinerja pengawas SMA daerah terpencil Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat
KINERJA PENGAWAS SMA DAERAH TERPENCIL KABUPATEN BIMA
PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT
Salahuddin
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kinerja pengawas SMA
daerah terpencil kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat yang dilihat
pada aspek: prosedur kerja, teknik, perilaku kerja, kualitas kerja; dan hasil
kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif pada pengawas
sekolah yang bertugas pada enam SMA terpencil Kabupaten Bima, yakni
SMAN 1 Tambora, SMAN 1 Lambitu, SMAN 2 Monta, SMAN 3 Langgudu,
SMAN 3 Donggo, dan SMAN 2 Soromandi sejak bulan Januari 2015 sampai
Nopember 2016. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data melalui
triangulasi sumber data, metode dan teori. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kinerja pengawas SMA daerah terpencil; dilihat dari (1) prosedur kerja
memiliki prosedur kerja yang sistematis, (2) pengawas menggunakan teknik
secara fleksibel melalui kunjungan kelas, pembicaraan individual dan
pertemuan kelompok, (3) menerapkan perilaku kerja secara situasional, (4)
memiliki kualitas kerja yang baik, memiliki keterampilan, dan mandiri (5)
pengawas sekolah menghasilkan berbagai dokumen, baik untuk
pengembangan karir pengawas sendiri maupun dokumen peningkatan
kompetensi guru dan kepala sekolah. Penelitian ini merekomendasikan
bahwa pengawas sekolah harus melakukan pembinaan khusus mengenai
alternatif model pendekatan pembelajaran kontekstual sesuai dengan kondisi
sekolah di daerah terpencil dan penekanan adanya pendampingan khusus
dalam peningkatan kompetensi paedagogik yang sebagian besar merupakani
guru pemula yang berstatus honorer.
Kata Kunci: Kinerja, Pengawas Sekolah, Jaminan Mutu
DD00002150 | D 2150 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain