Text
Penerapan model value clarification technique untuk mengembangkan perilaku moral siswa : penelitian tindakan pada siswa kelas IV SDN 01 Karangmoncol Kota Pemalang Jawa Tengah
Penerapan Model Value Clarification Technique untuk Mengembangkan Perilaku Moral Siswa
(Penelitian Action Research di SDN 01 Karangmoncol)
Liring Kusuma Astuti
liringk@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perilaku moral siswa di kelas IV SDN 01 karangmoncol Kota Pemalang pada tahun ajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran value clarification technique. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini akan dilaksanakan pada seluruh siswa kelas IV dengan enam siswa dipilih sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, catatan lapangan, alat dokumentasi, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model value clarification technique dapat meningkatkan perilaku moral siswa kelas IV dengan presentase perkembangan 24%. Siklus I presentase perilaku moral siswa sebesar 65.95%, dan meningkat pada siklus II menjadi 85.75%. Hal ini sesuai dengan kesepakatan awal dengan guru kelas, bahwa penelitian dikatakan berhasil jika presentase perilaku moral siswa berkembang sebanyak 20%.
Kata Kunci: perilaku moral, model pembelajaran value clarification technique, penelitian tindakan.
TM00005050 | TM 5050 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain