Text
Penerapan model pembelajaran Problem based learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V SDN Depok Jaya 1 Kota Depok
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN DEPOK JAYA 1
KOTA DEPOK
LIA RIZKIYAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaranproblem based learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan yang melibatkan 40 siswa kelas V SDN Depok Jaya 1. Hasil belajar pendidikan kewarganegaraan diukur melalui soal pilihan ganda dan isian dan penerapan metode pembelajaran problem based learning diukur melalui skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa hasil belajar siswa pada siklus I jumlah nilai keseluruhan siswa ialah 2841 dengan nilai rata-rata 71.02, siklus II jumlah nilai keseluruhan siswa ialah 3123 dengan nilai rata-rata 78.07. Dengan demikian, model problem based learning dapat digunakan dalam pembelajaran tematik tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat (tema 3), sub tema Manfaat Hidup Rukun (sub tema 2), pada pembelajaran ketiga, empat dan enam, materi kerjasama regional dan internasional yang terbukti dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa kelas V SDN Depok Jaya 1.
Kata kunci: Metode pembelajaran, problem based learning dan hasil belajar PKn.
TM00005051 | TM 5051 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain