Text
Pengaruh latihan menggunakan media vidio dengan kursi terhadap kemampuan koordinasi mata-kaki pada siswa Hang Tuah 3 Jakarta yang mengikuti ekstrakurikuler futsal
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan media video dengan kursi terhadap perubahan koordinasi mata-kaki siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Hang Tuah 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen “One Group Pre-test and Post-test”. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada 30 Oktober 2017 - 29 November 2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan tes pengukuran koordinasi mata-kaki yang dinamakan wall pass soccer. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan menghitung nilai t-hitung dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikan 0,05. Hasil perhitungan prosentase koordinasi mata-kaki awal dan akhir diperoleh selisih rata-rata (MD) 3,1 dengan standar deviasi perbedaan (SDD) 0,99 standar error perbedaan rata-rata (SEMD) 0,23 dalam perhitungan selanjutnnya diperoleh nilai t-hitung 13,49 dan nilai t-tabel yaitu 2.09 yang berarti t-hitung= 13,49 lebih besar dari t-tabel= 2,09. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa nihil (Ho) ditolak dan hipotesa alternatif (H1) diterima. Maka dari hasil perhitungan koordinasi mata-kaki tersebut memberikan hasil bahwa latihan menggunakan media video dengan kursi dapat membuat perubahan koordinasi mata-kaki siswa SMP Hang Tuah 3 yang mengikuti ektrakurikuler futsal.
This research aims to know the effect of exercise using video with seats as the media toward the foot-eye coordination changes on students who join futsal extracurricular in Hang Tuah 3 Junior high school. The method used in this research is an experimental method "one group Pre-test and Post-test". The research sample using 20 students. This research held on 30 October 2017 - 29 November 2017. The research instrument used is an foot-eye coordination measurement test named Wall pass soccer. The technique of data analysis is using T-Test by calculating T-Calculation compared with TTable at a significant level 0,05. The calculation result of the percentage of initial and final foot-eye coordination obtained by difference of (
SS00015915 | SK 15915 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain