Text
Upaya peningkatan keterampilan forehand stop melalui media alat bantu pembelajaran pada peserta ekstrakurikuler cabang olahraga hoki SMA Negeri 9 Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan forehand stop pada cabang olahraga hoki serta peserta ekstrakulikuler cabang olahraga hoki lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode action research dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian melibatkan 2 kolabolator dan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Kemampuan awal peserta ekstrakulikuler yang diteliti masih belum melakukan sikap bending yang benar dalam forehand stop dan kurang aktif dalam pembelajaran. Hasil dari siklus pertama sebagai berikut: 1) Nilai rata-rata peserta ekstrakurikuler pada siklus 1 dalam pembelajaran forehand stop adalah 72 dengan peserta ekstrakurikuler yang tuntas adalah 6 orang atau 40%. 2) Guru memberikan pembelajaran yang dapat memotivasi peserta ekstrakurikuler sesuai dengan rencana penelitian dan hasilnya adalah 10 peserta ekstrakurikuler aktif dan 5 peserta ekstrakurikuler kurang. Hasil pada siklus pertama mengalami peningkatan namu belum sesuai dihapakan peneliti yaitu dengan nilai ketuntasan 76 atau 100%. Peneliti melakukan siklus kedua yang merupakan refleksi dari siklus pertama sebagai berikut: 1) Nilai rata-rata peserta ekstrakurikuler pada siklus dua dalam pembelajaran forehand stop adalah 83,73 dengan peserta ekstrakurikuler yang tuntas adalah 15 orang atau 100%. 2). Guru memberikan pembelajaran yang dapat memotivasi peserta ekstrakurikuler sesuai rencana penelitian dan hasilnya adalah 15 peserta ekstrakurikuler aktif. Hasil akhir yang diperoleh terdapat peningkatan peserta ekstrakurikuler yang tuntas adalah 15 orang atau 100%. Peningkatan juga terdapat pada peserta ekrakurikuler yang akti meningkat dan kurang aktif menurun. Maka media alat bantu pembelajaran tarlen ini yang di terapkan dapat meningkatkan keterampilan forehand stop pada peserta ekstrakurikuler olahraga hoki SMAN 9 Tangerang.
This study aims to improve forehand stop skills in hockey sport and extracurricular participants of hockey sports are more active in learning. This research is done by action research method with qualitative and quantitative data. The study involves 2 colabolators and performed 2 cycles, each cycle consisting of 4 meetings. Initial abilities of extracurricular participants studied still have not performed the correct bending attitude in forehand stop and less active in learning. The results of the first cycle are as follows: 1) The average value of extracurricular participants in cycle 1 in forehand stop learning is 72 with a complete extracurricular participant is 6 people or 40%. 2) Teachers provide learning that can motivate extracurricular participants in accordance with the research plan and the result is 10 active extracurricular participants and 5 extracurricular participants less. The results in the first cycle has increased not appropriate namu dihapakan researchers with a value of 76 or 100% completeness. The researcher performs the second cycle which is a reflection of the first cycle as follows: 1) The average value of extracurricular participants in cycle two in forehand stop learning is 83.73 with complete extracurricular participants is 15 people or 100%. 2). Teachers provide learning that can motivate extracurricular participants according to the research plan and the result is 15 active extracurricular participants. The final result obtained there is a complete increase of extracurricular participants is 15 people or 100%. Increases are also present in increasingly active and less actively decreasing active participants. Then the media tarlen learning aids tool that is applied to improve forehand stop skills on extracurricular sports participants SMAN 9 Tangerang hockey.
SS00015913 | SK 15913 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain