Text
Persepsi guru PPKN mengenai kesetaraan gender dan kaitannya dengan aktivitas pembelajaran : studi kualitatif pada guru PPKN SMP Kartini 3 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan (persepsi) Guru PPKN di SMP Kartini 3 Jakarta tentang konsep kesetaraan gender dan bagaimana aktivitas pembelajaran di SMP Kartini 3 Jakarta terkait kesetaraan gender.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Alat yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara yang dilakukan kepada informan dan key informan yang ada di SMP Kartini 3. Wawancara dilakukan kepada beberapa peserta didik dari beberapa kelas menggunakan random sampling. Serta dengan menambahkan key informan Kepala Sekolah. Setelah itu dilengkapi oleh pendapat ahli yaitu Dosen Prodi Pendidikan Pancasilan dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Jakarta
Hasil penelitian yang diperoleh adalah cara pandang informan mengenai kesetaraan gender masih terpengaruh oleh nilai-nilai budaya patriarki. Dalam aktivitas pembelajaran peserta didik perempuan lebih taat dan patuh sedangkan peserta didik laki-laki kurang taat dan suka membuat keributan hal ini tidak lepas dari sosialisasi nilai-nilai budaya patriarki yang ada dalam keluarga dan masyarakat secara luas.
The purpose of this research is to get information on perception of PPKN teacher at SMP Kartini 3 Jakarta about the concept of gender equality and how the activity of learning at the school related to gender equality.
The research applies qualitative. Method with data are from documentation, and interviews. Interviews were conducted to several learners from several classes using random samplings and by adding key informant. In addition to that the expert is a Lecturer of Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Jakarta.
The result of the research is that the informant view of gender equality is still influenced by the patriarchal cultural values. In the learning activities of female learners more obedient and obedient while male students are less obedient and like to make a fuss this is not separated from the socialization of patriarchal cultural values that exist in the family and society at large.
SS00015973 | SK 15973 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain