Text
Pengembangan model permainan sepakbola (RONDO) sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani siswa SMA
Penelitian ini bertujuan untuk membuat pengembangan model permainan sepakbola rondo sebagai media pembelajaraan untuk siswa pendidikan jasmani SMA. Waktu pengambilan data pada penelitian ini direncanakan pada bulan November 2017 sampai dengan Januari 2018.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D), dengan mengacu pada pendapat model Sugiyono, dimana penelitian ini melalui 8 tahapan yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan produk final.
Pembuatan produk awal dengan menggunakan 10 model permainan setelah validasi oleh para ahli permainan dan sepakbola terdapat 10 model permainan yang layak dimainkan oleh siswa pendidikan jasmani. Setalah uji validasi dilakukan masuk kedalam uji coba kelompok kecil, peneliti menerapkan 10 model permainan dengan 30 sempel siswa kelas X.
Setelah dilakukan uji coba kelompok kecil, peneliti melakukan penelitian akhir yaitu uji coba kelompok besar dengan 10 model permainan dan menggunakan 30 sempel siswa kelas XI SMA.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model permainan ini layak diterapkan dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Sehingga hasil akhir dari model permainan untuk siswa SMA berupa buku model permainan.
The study aims to make the development of the game of football rondo as medium of learning for Students Physical Education at Senior High School. The research for 3 months since November 2017 – January 2018.
The study is using the method of research and development (R & D), with reference to the Sugiyono’s model. Where this research through eight of the potential and problems, data collection, product design, validation of design, the revision of the design, test the product, the revision of the products and the final product.
The initial product by using 10 of the game, after the validation by experts of the game and football, there are 10 games model to be played by students of physical education. After the test validation conducted in the small group, researchers to apply the 10 models with 30 samples students in class X.
After a test group of small, researchers conducted research at the end of the trials a large group with 10 games model and 30 samples students in class XI and the Senior High School. The results showed that the game is to be applied and can be used as medium of learning. The end result of the game for the children with mild tunagrahita in the form of games model.
SS00015918 | SK 15918 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain