Text
Analisis konsepsi kebijakan pendidikan Daoed Joesoef
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan pendidikan Daoed Joesoef dengan melihat konteks dan akar-akar sosial kependidikan Daoed Joesoef. dengan menggunakan analisis konsep demokrasi pendidikan John Dewey sebagai konsep utama, penelitian ini mengasumsikan bahwa terdapat otoriterisme dalam kebijakan pendidikan yang diterapkan pemerintah Orde Baru melalui Mendikbud Daoed Joesoef. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research). yaitu mengambil dan mengkaji teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang dibahas, berupa tinjauan, sintesis atau ringkasan kepustakaan tentang penelitian ini. Sementara itu, analisis penelitian ini menggunakan pendekatan hermeutik yang berupa penafsiran suatu kata, atau teks sehingga memiliki makna yang relevan dengan penelitian ini. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa kebijakan pendidikan Daoed Joesoef berangkat dari kondisi sosial, politik Orde Baru yang menekankan stabilitas, keamanan dan keserasian sosial yang dilanggengkan untuk kepentingan kekuasaan. Pola penataan kehidupan yang menjunjung tinggi keselarasan dan berasaskan kekeluargan itu pun masuk ke dalam lingkungan universitas melalui kebijakan nornalisasi kampus. Daoed Joesoef menganggap ilmu pengetahuan di kampus baginya tidak dihayati secara lengkap, yaitu ilmu pengetahuan dalam term produk, proses dan komunitas. Ilmu pengetahuan dibina dan dikembangkan secara terbalik urutanrutannya. Menilai bahwa mahasiswa kadar intelektualnya masih rapuh dan cenderung dimanfaatkan oleh politisi untuk mencapai kepentingan pragmatis. Karena itu perlu dilakukan pembinaan agar mahasiswa tak salah arah. Sehingga dalam hal ini orientasi mahasiswa pada masa itu mulai bergeser dari politis ke ranah akademis dimana apatisme mahasiswa muncul karena mereka menggap terlalu berisiko jika mereka terlibat dalam kegiatan politik. Penekanan pada penalaran yang diagungkan Daoed Joesoef pun yang identikkan dengan prinsip kebebasan dalam pendidikan tidak muncul, mahasiswa dikekang habis kebebasaanya. Kata Kunci: Konsepsi Pendidikan,Daoed Joesoef, Orde Baru
This study aims to describe the educational policy of Daoed Joesoef by looking at the context and social roots of education Daoed Joesoef. using the analysis of John Dewey's educational democracy concept as the main concept, this study assumes that there is authoritarianism in the education policy adopted by the New Order government through the Minister of Education and Culture of Daoed Joesoef. This research is done by using literature study approach (library research). namely taking and reviewing theories relevant to the issues discussed, in the form of a review, synthesis or summary of the literature on this research. Meanwhile, the analysis of this study using a hermeutic approach in the form of interpretation of a word, or text so that has a meaning relevant to this research. Based on the analysis that has been done, it is known that the education policy of Daoed Joesoef departs from the social condition, New Order political that emphasizes the stability, security and social harmony that is sustained for the sake of power. The pattern of structuring a life that upholds the harmony and based on the family goes into the university environment through the policy of campus nornalization. Daoed Joesoef considers science on campus for him not fully comprehended, that is science in terms of products, processes and communities. Science is fostered and developed in reverse order-sequence. Assessing that students' intellectual content is still fragile and tends to be exploited by politicians to achieve pragmatic interests. Because it is necessary to be guided so that students are not misdirected. So in this case the student orientation of the time began to shift from politics to the academic realm where student apathy arose because they branded too risky if they were involved in political activities. The emphasis on Daoed Joesoef's alleged reasoning which is synonymous with the principle of freedom in education does not arise, the students are exhausted freedom. Keywords: Education Conception, Daoed Joesoef, New Order
SS00015987 | SK 15987 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain