Text
Hubungan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah : studi kasus mahasiswa Program Studi Pendiidkan Sosiologi yang belum lulus angkatan 2013, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konformitas terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademiknya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 58 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak jumlah populasi yaitu 58 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yang dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel karena jumlah populasi kurang dari 100 responden. Data dikumpulkan menggunakan metode angket, wawancara serta dokumentasi.
Uji hipotesis penelitian menggunakan uji korelasi Pearson dengan nilai sebesar 0.088, maka dapat disimpulkan bahwa Ha tidak diterima yang artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara konformitas terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik. Hal tersebut dapat diartikan bahwa konformitas hanya memiliki hubungan yang rendah dengan prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas. Prokrastinasi akademik yang dilakukan mahasiswa lebih besar pengaruhnya pada faktor-faktor internal diri mahasiswa itu sendiri, seperti kontrol diri, mood, dan kurangnya pengetahuan untuk memulai mengerjakan tugas perkuliahan.
Uji analisis pada penelitian yaitu mengklasifikasikan mahasiswa berdasarkan jenis kelamin, dengan menggunakan crosstab diperoleh bahwa mahasiswa perempuan memperoleh value lebih besar dibandingkan mahasiswa laki-laki dalam melakukan konformitas dan prokrastinasi akademik.
This study aims to determine whether there is a relationship between conformity to student academic procrastination in completing academic tasks.
This research is a descriptive quantitative research. The number of population in this study amounted to 58 students with the number of samples as many as the population of 58 students. The research data obtained through total sampling, where the entire population is sampled because the population is less than 100 respondents. Data were collected using questionnaires, interviews and documentation.
The test used correlation Pearson test value of 0.240. it can be concluded that Ha is not accepted which means there is no significant relationship between conformity to student academic procrastination in completing academic task. It can be interpreted that conformity has only low relation with student academic procrastination in completing task. Students 'academic procrastination is more influential on the students' own internal factors, such as self-control, mood, and lack of knowledge to begin the lecture work.
The analysis test on the research that is classify the students by sex, using crosstab obtained that female students get bigger value than male students in doing conformity and academic procrastination.
SS00015983 | SK 15983 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain