Text
Upaya meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas VII SMP Negeri 03 kota Bekasi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis di lapangan mengenai materi servis bawah bola voli. Untuk itu, peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas VII SMP Negeri 03 Bekasi. Diharapkan siswa dapat menguasai konsep gerakan servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengaar inklusi. Penelitian ini dilaksanakan di Lapangan Olahraga SMP Negeri 03 Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yaitu kelas VII dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini melibatkan Guru Pendidikan Jasmani dan Dosen Sebagai kolaborator, penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini adanya proses pembelajaran pukulan teknik servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengajar inklusi, peningkatan yang terjadi di setiap pembelajaran yang di mulai dengan observasi awal, pertemuan pertama siklus I dan di akhiri pada pertemuan kedua siklus II. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, siswa telah memahami konsep gerak teknik pukulan servis bawah bola voli. Pada aspek kognitif, pemahaman siswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani, terlihat dari semangat dan antusias siswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri siswa dalam berinteraksi dengan siswa dan guru, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama, tanggung jawab dan toleransi antar siswa yang mereka tunjukkan
This research is based on the writer's observation in the field about the service material under volleyball. To that end, the researcher aims to improve the service learning outcomes under volleyball through the approach of teaching style of inclusion in the seventh grade students of SMP Negeri 03 Bekasi. It is expected that students can master the concept of servicing motion under the volley through an inclusion style approach. This research was conducted at SMP Negeri 03 Bekasi Sport Field. The method used is classroom action research method with qualitative and quantitative data retrieval that is class VII with the number of students as much as 40 students, consisting of 18 male students and 22 female students. This research involves Master of Physical Education and Lecturer As a collaborator, this research is done as much as 2 cycles, each cycle consists of two meetings. The result of this research is the learning process of blowing technique technique under volleyball through approach of inclusive teaching style, the improvement that happened in every learning which start with initial observation, first meeting of cycle I and ending in second meeting of cycle II. There is an increase in the psychomotor aspect, the students have understood the concept of motion blow service technique under the volleyball. In the cognitive aspect, students 'comprehension increases along with the process of following Physical Education, seen from the spirit and enthusiasm of students follow the learning, students' self confidence in interacting with students and teachers, honesty value, discipline, cooperation, responsibility and tolerance among students they show
SS00015927 | SK 15927 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain