Text
PIlihan rasional mahasiswa menjadi Barista : studi pada 6 mahasiswa di Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara 6 mahasiswa di Jakarta memaknai barista. Selain itu juga untuk menjelaskan mengenai pilihan rasional 6 mahasiswa di Jakarta Serta melihat dampak yang terjadi dalam menjadi barista secara sosial, ekonomi, dan akademik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi lapangan, dokumentasi, dan wawancara dengan subjek penelitian 6 mahasiswa di Jakarta yang berprofesi sebagai barista. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara, baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur dan pustaka maupun internet yang berkaitan dengan penelitian ini.
Berdasarkan temuan data yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan mahasiswa dalam memaknai barista terdapat cara memaknainya yaitu makna trend/mode, makna status sosial, dan makna profesi. Makna tersebut di pengaruhi oleh faktor lingkungannya. Selain itu pula bentuk pilihan rasional mahasiswa dalam memilih barista juga terdapat beberapa pilihan yaitu secara sosiologis, ekonomi, dan psikologis. Pilihan rasional ini menjelaskan tindakan aktor yaitu mahasiswa dalam memilih menjadi barista dalam melihat sumber dayanya. Serta dampak yang terjadi bagi mahasiswa yang dirasakan secara sosial ekonomi, dan akademik.
This research aims to analyze how 6 college students in Jakarta perceive barista, as well as explain their choice. Also, this research wants to figure out the social, economic, and academic impact of being barista.
This research uses qualitative approach with case study method. The data is taken from observation, documentary, and interview with the subject of the research (the six students working as Barista). Primary and secondary data are used to collect the whole data. The primary data is taken from observation and interview, both structured and unstructured. Meanwhile, the secondary data is taken from literature study and online sources related to this research.
According to the data, it can be concluded that the students perceive barista as a trend, a social status, and as a profession. Those perceptions are affected by their surroundings. Moreover, their logical decisions to choose barista as their job is affected by sociological, economical, and psychological factors. Their logical decisions explain their action to become a barista by seeing the resources. Those decisions also give social-economic and academic impact for them.
SS00015982 | SK 15982 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain