Text
Analisis konten pendidikan karakter: studi komparasi buku PAI dan budi pekerti SMA kelas X terbitan Kemendikbud dan Erlangga
Munculnya berbagai isu mengenai konten buku teks PAI dan Budi Pekerti yang cenderung kurang sejalan dengan tujuan pendidikan yang tercantum dalam Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, hal ini tentu dapat menghambat ketercapaian kompetensi kegiatan belajar mandiri siswa, baik dari aspek substansi maupun penyajiannya. Karena selain berfungsi sebagai penunjang program kegiatan pembelajaran di sekolah, buku teks juga dianggap sebagai penentu keberhasilan pembelajaran. Hal ini dibuktikan bahwa hampir semua guru, pada saat ini entah karena kesibukan atau alasan lain mengajar sesuai dengan apa saja yang ada pada buku pelajaran tanpa mengindahkan adanya tujuan pendidikan berupa pendidikan karakter. Urgensi inilah yang menjadi alasan peneliti ingin meneliti konten pendidikan karakter dalam buku PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan secara jelas mengenai konten pendidikan karakter yang terkandung dalam buku PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas X baik yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan Erlangga dengan menggunakan metode penelitian yang berupa deskriptif kualitatif. Ditunjang pula dengan menggunakan pendekatan komparatif serta metode analisis data yang berupa constan comparative analysis (analisis perbandingan tetap) dan content analysis (analisis isi). Konsep pendidikan karakter yang digunakan oleh peneliti yaitu konsep yang merujuk pada buku panduan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diedarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Dimana secara umum, buku teks PAI dan Budi Pekerti harus senantiasa mencantumkan pendidikan karakter yang terdiri dari tujuh belas butir nilai berupa kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, kedemokratisan, kesantunan, kedisiplinan, tanggung jawab, cinta ilmu, keingintahuan, percaya diri, toleransi, kepatuhan terhadap aturan sosial, gaya hidup sehat, kesadaran akan hak dan kewajiban, dan kerja keras. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk prosentase, kemudian dideskripsikan secara analisis. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase konten pendidikan karakter pada buku PAI dan Budi Pekerti terbitan Kemendikbud secara keseluruhan yaitu sebesar 64,70%. Sedangkan prosentase konten pendidikan karakter pada buku PAI dan Budi Pekerti terbitan Erlangga secara keseluruhan yaitu sebesar 57,64%. Kedua buku ini memiliki persamaan terutama pada aspek pokok bahasan yaitu terdapat 12 butir nilai pendidikan karakter. Sedangkan perbedaannya terletak pada aspek pokok bahasan, sub-pokok bahasan, ilustrasi gambar, ayat atau hadits dan teks eksposisi. Buku terbitan Kemendikbud secara umum telah mencantumkan konten pendidikan karakter dari ke-17 butir nilai yang dicanangkan, sedangkan buku terbitan Erlangga hanya mencantumkan 16 butir nilai pendidikan karakter kecuali butir nilai kedisiplinan. Hal ini berarti konten pendidikan karakter sudah cukup terintegrasi secara menyeluruh baik dalam buku PAI dan Budi Pekerti terbitan Kemendikbud maupun Erlangga.
The emergence of various issues about the content of textbooks of Islamic Religius Education which tend to be less in line with the educational objectives listed in Section 3th of Law Number 20th Year 2003th, this can certainly hamper the achievement of the competence of student self-learning activities, both from the aspect of substance and presentation. Because in addition to functioning as a supporting program of learning activities in schools, textbooks are also considered as a determinant of the success of learning. It is proved that almost all teachers, at this time either because of busyness or other reasons to teach according to what is in the textbook without heed the existence of educational goals in the form of character education. Urgency is the reason why researchers want to examine the content of character education in the book Islamic Religious Education. This research aims to describe clearly about the content of character education contained in the book of Islamic Religious Education High School Class X both published by Kemendikbud and Erlangga by using research methods in the form of descriptive qualitative. Supported also by using comparative approach and method of data analysis in the form of constan comparative analysis and content analysis. The concept of character education used by the researcher is a concept that refers to the guidebook of the subjects of Islamic Religious Education which is circulated by the Ministry of National Education. Where in general, Islamic Religious Education textbooks should always include character education consisting of seventeen points of value in the form of religiosity, honesty, intelligence, resilience, concern, democratization, politeness, discipline, responsibility, love of science, curiosity, confidence, tolerance , adherence to social rules, a healthy lifestyle, awareness of rights and obligations, and hard work. The results of this study are presented in percentage form, then described in the analysis. Based on the data obtained shows that the percentage of character education content in the book Islamic Religious Education published by Kemendikbud as a whole that is equal to 64.70%. While the percentage of character education content in the book Islamic Religious Education Erlangga overall as much as 57.64%. Both of these books have similarities mainly on the main aspects of the subject that there are 12 items of character education value. While the difference lies in the aspects of the subject, sub-subject, illustration of the picture, verse or hadith and exposition text. Books published by Kemendikbud in general have included the character education content of the 17th items of the declared value, while the book published by Erlangga only listed 16 items of character education value except the grain of discipline value. This means that the character education content is sufficiently integrated thoroughly both in the book of Islamic Religious Education published by Kemendikbud and Erlangga.
SS00015998 | SK 15998 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain